Formula Team Berkinerja Hebat

Seri SOBAT - Semua Orang Bisa Hebat - Artikel #039



Mari kita tengok lagi para manager yang sedang membangun team mereka dalam pelatihan outbound yang benar-benar menantang mereka untuk berpikir 'out of boundaries' diluar batasan-batasan rutin yang mengungkung mereka selama ini.

Hari kedua dan ketiga dijalani team Merah Biru dan Kuning dengan berbagai outdoor assignments diselingi dengan evaluasi atas keberhasilan dan kegagalan di dalam kelas, dengan hasil yang naik turun. Kadang bagus dan kadang tidak berhasil karena berbagai kesalahan dan keteledoran yang terjadi silih berganti. Bermacam ragam gangguan baik dari dalam team maupun dari luar team berupa provokasi dari para pesaing atau instruktur yang memang ditugaskan untuk itu, menambah tinggi tingkat kesulitan dan kegagalan mereka. Gembira dan frustrasi bergantian menghampiri mereka.

“Busyet..!! Salah lagi, salah lagi,” sungut seorang anggota.
“Tadi salah ini, sekarang itu, tadi pagi lain lagi,” sela rekannya. “Sepertinya nggak ada habis-habisnya deh…!”
“Kamu sih, sok belagak ngingetin eh dirinya sendiri malah lupa,” gerutu seseorang.
“Maafin deh, abis aku digangguin terus sama tuh provokator,” elak yang dituduh sambil menunjuk sang instruktur yang senyum-senyum berlagak pilon.
“Ternyata banyak sekali yang musti diperhatikan dan diingat-ingat ya?”
“Bagaimana ya semuanya itu bisa dipegang dengan mudah?”

Berbagai pertanyaan lalu merebak diantara anggota team, tentang berbagai aspek yang harus dikendalikan dan dijaga agar kerjasama team dapat berjalan dengan mulus. Rahasia beserta ‘Rumus’ untuk itu dijelaskan dalam rangkuman pada malam harinya di kelas, sebagaimana dijelaskan dibawah ini.

Dari pembahasan terdahulu, sebenarnya kita telah memiliki seluruh komponen bangunan maupun suasana rumah team berkinerja hebat. Mari kita susun bangunan team berkinerja hebat kita.

Pertama kita memilih 3 batu karang yang kokoh sebagai pondasi bangunan yakni Nilai Integritas, Mental Berkelimpah-ruahan, dan Maturitas.

Diatasnya kita tanam dan tegakkan 8 pilar bangunan indah dan kuat yakni Sadar Tujuan, Komunikasi Terbuka, Saling Menghargai dan Percaya, Kepemimpinan Bersama, Berdiri Diatas Kebhinekaan, Prosedur Kerja Yang Efektif, Fleksibilitas dan Adaptabilitas, serta Pembelajaran Berkelanjutan.

Dari sini kita sudah dapat meletakkan atap - berupa hasil akhir atau tujuan - sebesar yang kita inginkan dan tidak perlu khawatir roboh karena pondasi dan tiang penyangganya sangat kokoh.

Sekarang kita tinggal memberi sentuhan akhir suasana rumah yang riang, penuh sukacita dan juga asri dengan 5 nyali yaitu Optimisme, Orientasi Pada Hasil, Orientasi Pada Alternatif, Peluang dari Resiko, serta Peluang atasi Waktu.


Untuk sampai terbentuk rumah idaman itu, team berkinerja hebat kita menyadari adanya 3 fase kehidupan team yaitu Fase Perjuangan, Pertumbuhan dan Matang, dengan meniti perkembangan team melalui tahap-tahap kehidupan yang harus dilalui yakni 6 S : Sandiwara, Sengit, Selaras, Solid, Sentausa dan Surut.

Agar memudahkan anda mengingatnya, gambaran diatas kita sederhanakan dengan mamakai formula:

3-8-5-6 SILANYATA


TBH = 3 Si + 8 La + 5 Nya + 6 Ta
TBH (team berkinerja hebat), Si (pondasi), La (pilar), Nya (nyali), Ta (tahap).

Secara visual formula diatas digambarkan sebagai roda yang berjalan diatas kurva kehidupan sebagai berikut :


Kini kita memiliki sebuah bangunan lengkap team berkinerja hebat berselimutkan lingkaran aura nyali yang hebat yang dimiliki oleh sekumpulan orang-orang biasa dengan cara-cara biasa pula, yang siap berjalan meniti tahap kehidupannya. Anda tidak memerlukan modal dan sumberdaya yang luar biasa besar atau nilainya. Tidak pula perlu dilahirkan sebagai pribadi pilihan yang memiliki bakat luar biasa. Semuanya biasa-biasa saja. Semuanya ada dalam diri anda.

Semuanya disediakan olehNYA bagi kita semua, tanpa pandang bulu. Anda tinggal memilihnya (untuk menggunakannya atau tidak) dan menggunakannya.

NEXT TOPICS

  • Berpikir 'DAN' bukan 'ATAU'
  • Berpikir Induktif
  • Berpikir Ekstrapolatif
  • Mental KERE
  • Kompromi Bukanlah Win-Win
  • Gagal itu juga Sukses!
  • Tujuan Nan Takkan Pernah Gagal
  • QUIZ Sobat
  • Konsep WEIJI
  • Jangan Menghormati PERBEDAAN!

Very Inspiring Video

Recent Comments