JANGAN BELAJAR DARI PENGALAMAN!

Seri SOBAT - Semua Orang Bisa Hebat - Artikel #001

Pengalaman ternyata bukan guru yang baik ..... untuk menjadi Hebat!

Pengalaman itu Musuh dari Hebat
Dalam dalam banyak hal kehidupan manusia, pengalaman ternyata dapat menjadi musuh yang membinasakan. Kita tentu tidak mungkin bertahan pada keterampilan dan pengalaman teknis masa lampau untuk situasi dan kondisi yang sudah berubah. Bertahan pada pengalaman juga bisa menjadi musuh kreativitas. 

Pengalaman akan mematok dan menyeret kita untuk selalu menggunakan cara yang sama – yang akan menyelimuti kita dengan kehangatan rasa aman, yang menyebabkan kita enggan keluar dari zona zona kenyamanan itu, untuk mencoba sesuatu 
yang berbeda. Jadi, pengalaman hanya akan membuat seseorang menjadi peniru bukan pencipta sesuatu yang baru. Karena yang diperoleh han
yalah berupa sebuah kebiasaan saja. Hasilnya ya... biasa juga.
Baca juga ini Baik Itu Musuh!

Lho, jangan salah sangka! SOBAT tidak anti terhadap pengalaman, tetapi hati-hati terhadap pendewaan atas Pengalaman karena pegalaman akan membuat kita sebatas menjadi peniru yang baik (itupun jika keadaan tidak berubah, padahal kita tahu "Tidak ada yang TIDAK berubah kecuali Perubahan itu sendiri!" - Hereditus). Di dalam perubahan, pengalaman akan menenggelamkan anda pada kelumphan paradigma sehingga anda akan menjadi korban dari perbahan. Simak ilustrasi berikut:
Karena itu, sudah sebaiknya kita merubah orientasi berpikir dari: 'belajar dari pengalaman menjadi belajar di dalam praktek yang baru' - yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Hasil yang hebat tidak diperoleh hanya dari teori (saja), kita harus belajar di dalam pengalaman, saat kita sedang mempraktekkannya, dengan berani mencoba hal baru yang belum pernah dilakukan oleh tim atau orang lain. 

Itulah hakekat dasar munculnya sesuatu yang luar biasa, karena kehebatan hanya dapat diwujudkan melalui rahasia penciptaan mukjizat yang terkandung di dalam keberanian mencoba hal baru.

Anda tidak perlu memiliki talenta hebat atau sumberdaya yang berlimpah untuk menghasilkan kehebatan itu, karena alam telah menyediakan sesuatu bagi orang biasa, dengan sumberdaya biasa, serta cara yang biasa pula untuk bisa menciptakan hasil yang luar biasa

Mau tahu rahasianya? Ikuti pelatihan SOBAT atau Semua Orang Bisa Hebat
Secara sistematis SOBAT Training akan membekali anda dengan values and skills (Nilai dasar dan keterampilan)  untuk mampu berkarya secara luar biasa.

Pelatihan SOBAT dikemas dalam formula SILANYATA, sebuah formula yang kompak dan terpadu merangkai dengan sederhana berbagai elemen utama untuk menjadi pribadi hebat menghasilkan karya hebat melalui cara-cara sederhana yang bisa dilakukan oleh siapapun, orang-orang biasa seperti anda dan saya.

NEXT TOPICS

  • Berpikir 'DAN' bukan 'ATAU'
  • Berpikir Induktif
  • Berpikir Ekstrapolatif
  • Mental KERE
  • Kompromi Bukanlah Win-Win
  • Gagal itu juga Sukses!
  • Tujuan Nan Takkan Pernah Gagal
  • QUIZ Sobat
  • Konsep WEIJI
  • Jangan Menghormati PERBEDAAN!

Very Inspiring Video

Recent Comments