Peluang Atas Waktu

Seri SOBAT - Semua Orang Bisa Hebat - Artikel #038



Nyali ke lima dari SOBAT dalam membangun Team Berkinerja Hebat adalah melihat waktu bukanlah sebagai kendala, melainkan kesempatan untuk menjadi unggul.

Team Bernyali Hebat membalikkan cara memandang waktu tidak sebagai hal yang membatasi atau kendala, melainkan sebagai peluang memenangkan kompetisi. Bermodalkan 3 nilai dasar sebagai pondasi, dan 8 karakteristik yang menjadi pilar kekuatan kerjasama mereka, serta keempat nyali yang telah dimiliki sebelumnya, mereka memiliki keyakinan untuk mampu menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang telah ditetapkan atau bahkan lebih cepat. Ini dimungkinkan karena kerjasama yang bersinergi akan pula menyinergi waktu penyelesaian.

Waktu dilihat sebagai sumberdaya yang terbatas – tetapi, bukan membatasi – yang harus dioptimalkan pemanfaatannya. Bagi Team Berkinerja Hebat waktu tidak bersifat cyclical, dapat berputar, dan berulang. Waktu adalah sumber daya yang sangat terbatas dan tidak terbarukan karena hanya dapat dipakai satu kali saja dan habis. (Kenapa kok kita selalu bilang waktu itu berputar seperti roda?)

Oleh karena itu tidak ada kompromi terhadap berlalunya waktu dengan sia-sia. Mereka takkan pernah membiarkannya. Ini menunjukkan bahwa mereka sangat menghargai waktu dan sadar betul bahwa waktu tidak akan kembali.

Disisi lain mereka sadar sepenuhnya bahwa krisis (kelangkaan hebat atas sumberdaya, termasuk waktu) dapat secara tiba-tiba muncul di depan hidung tanpa permisi, dimana saja dan kapan saja. Kesadaran ini mendorong mereka untuk selalu bersiap diri, berlatih mengasah keterampilan secara rutin, tanpa menunggu tanda-tanda kehadiran krisis. Mereka tahu persis bahwa kunci keberhasilan menghadapi krisis adalah respons yang tepat, dan pada saat seperti itu respons yang muncul adalah kebiasaan-kebiasaan yang telah tertanam sebelumnya.

Oleh karenanya mereka berusaha menanam keterampilan merespons krisis menjadi kebiasaan dengan berlatih, berlatih dan berlatih. Pembelajaran berkelanjutan menjadi keharusan yang tidak dapat ditawar.

Keunggulan dalam merespons krisis membuat mereka mampu menjadikan waktu yang terbatas sebagai peluang terhadap para pesaingnya. Sementara yang lain kehilangan banyak waktu karena sibuk menata respons yang timbul saling silang menyilang dan heboh dengan berbagai kesalahan akibat respons yang tidak terlatih, Team Berkinerja Hebat dapat dengan lebih pasti bekerja menyelesaikan masalah itu. Mereka tampaknya menjadi tuan atas waktu, dan juga sahabat yang memberi peluang untuk memenangkan persaingan.

Peluang atas waktu berkaitan erat dengan Orientasi terhadap hasil dan Orientasi terhadap alternatif dan karena itu tidak selalu identik dengan menghemat waktu tetapi lebih tertuju pada mengoptimalkan waktu.

Mari kita simpulkan soalnyali hebat dari SOBAT.

Sekarang kita dapat melihat radar jaring labah-labah nyali team diatas dalam kacamata Team Bernyali Hebat. Kelima aspek yang telah dibahas di depan semuanya dilihat sebagai hal yang positif. Radar tidak dilihat lagi sebagai perimbangan antara hasrat tujuan (orientasi terhadap hasil, orientasi terhadap alternatif dan optimisme) dengan kendala sumberdaya (resiko dan waktu), tetapi sejauh mana semua aspek itu dimaksimalkan dalam konteks peluang.

Jadi, Semakin besar sarang labah-labah yang dibuat berarti semakin hebat pula nyali team yang bersangkutan.

NEXT TOPICS

  • Berpikir 'DAN' bukan 'ATAU'
  • Berpikir Induktif
  • Berpikir Ekstrapolatif
  • Mental KERE
  • Kompromi Bukanlah Win-Win
  • Gagal itu juga Sukses!
  • Tujuan Nan Takkan Pernah Gagal
  • QUIZ Sobat
  • Konsep WEIJI
  • Jangan Menghormati PERBEDAAN!

Very Inspiring Video

Recent Comments