Pondasi dari Batu Karang

Seri SOBAT - Semua Orang Bisa Hebat - Artikel #009


3 NILAI DASAR / Basic Values Bagi Tim Berkinerja Tinggi

Sebuah bangunan tidak akan kokoh apabila beridiri diatas pondasi yang lemah ataupun labil. Dia akan berdiri tegak bergeming, tidak mudah goyah bila berdiri diatas batu karang sebagai pondasinya. Demikian pula halnya dengan sebuah team. Team yang solid, kokoh dan tegar hanya akan terbentuk bila dibangun diatas pondasi kokoh dan kuat yang mendasari terbentuknya team itu.

Dan pondasi yang kuat dari sebuah eam bukanlah hal-hal kecil, remeh-temeh, yang sering tampak dipermukaan seperti rasa akrab sebagai teman atau ketertarikan akan postur fisik. Orang sering keliru menganggap sekelompok orang sebagai sebuah team hanya karena mereka terlihat akrab, atau secara kasat mata sering terlihat kumpul bersama. Padahal keberadaan mereka dalam kelompok itu bukan karea memiliki dasar yang hakiki tetapi lebih karena tujuan-tujuan sesaat. Dan yang seperti ini dapat dipastikan tidak akan langgeng. Lihat saja koalisi partai-partai politik misalnya, mereka hanya bersatu untuk sementara ketika memiliki tujuan sesaat yang sama seperti meiliki jago yang sama sebagai calon kepala daerah. Begitu selesai urusannya maka koalisi akan segera bubar, apalagi kalau jago bersama mereka kalah dan tidak terpilih.

Pondasi team yang kokoh berujud dalam bentuk nilai-nilai (values) yang sama yang membekali seseorang atau sekelompok orang untuk bergabung dalam sebuah kelompok. Kesamaan nilai itulah yang menjadi landasan dan tuntunan sikap dan perilaku mereka. Dalam kasus koalisi partai tadi, andai saja mereka berkoalisi berlandaskan nilai yang dianut bangsa ini yakni Pancasila, maka persatuan mereka akan menjadi lebih kokoh. Tentu kita harus pahami dengan benar apa yang dimaksudkan dengan nilai atau values itu.

Para bijak bestari mengatakan bahwa nilai adalah sesuatu yang membakar sanubari kita, mengakar dan membara dalam jiwa kita sedemikian rupa sehingga mudah bagi kita mengatakan ‘TIDAK!’ untuk hal-hal yang bertentangan dengan nilai itu. Value is something burning inside that make easier for us to say NO! Ia menjelma menjadi prinsip hidup, pegangan bagi setiap langkah, panduan bagi setiap pilihan yang akan diambil.

Dalam kaitannya dengan team berkinerja tinggi, SOBAT merumuskan tiga buah nilai dasar yang menjadi tumpuan kokoh untuk bisa membangun team yang berkinerja tinggi. Tiga nilai dasar yang menjadi pijakan kokohnya sebuah team, yang harus dimiliki oleh setiap anggota team, yang mendorong mereka untuk bergabung dalam sebuah team untuk bersinergi adalah:
  1. Integritas
  2. Mentalitas Berlimpah-ruah
  3. Maturitas
Ketiga nilai tersebut bagai batu karang kokoh yang akan menjadi tumpuan bangunan rah sebuah team. Kita akan bahas satu persatu ketga nilai itu dan anda akan mengerti kenapa selama ini sebagai bangsa kita tidak mampu berkinerja tinggi. 


Gampangnya, kita tidak atau belum memiliki ketiga nilai itu sebagai Team Bangsa, sesuatu yang membara dalam hati sehingga akan mudah mengatakan tidak bila ada yang mengajak kita melakukan sesuatu yang bertentangan dengan ke tiga nilai itu.


SOBAT menggambarkannya dalam bangunan sebagi pondasi batu yang kokoh tempat 8 pilar bertumpu ntuk menopang atap kinerja yang menaungi Team sebaga penghuninya. Pondasi biru batu itu tampaki kokoh, bukan?

NEXT TOPICS

  • Berpikir 'DAN' bukan 'ATAU'
  • Berpikir Induktif
  • Berpikir Ekstrapolatif
  • Mental KERE
  • Kompromi Bukanlah Win-Win
  • Gagal itu juga Sukses!
  • Tujuan Nan Takkan Pernah Gagal
  • QUIZ Sobat
  • Konsep WEIJI
  • Jangan Menghormati PERBEDAAN!

Very Inspiring Video

Recent Comments