Godaan Terbesar Dalam Perubahan

Seri SOBAT - Semua Orang Bisa Hebat - Artikel #060


Tinggalkan kesenangan anda pada orang lain, dan cobalah yang baru!
HIG

Pertanyaan yang sering muncul dalam kenyataan keseharian kita, di lembaga maupun organisasi yang kita geluti, tentang upaya-upaya untuk melakukan perubahan yaitu mengapa perubahan tidak kunjung terwujud secara nyata, meskipun telah dicanangkan gerakan perubahan disertai dengan berbagai program kegiatan berdasarkan pada perencanaan yang matang, serta didukung sumber daya yang cukup? Meskipun telah pula mempersiapkan Formula Team Hebat dan Grand scenario sebagaimana dipaparkan pada artikel-artikel terdahulu?

Pengalaman menunjukkan bahwa lebih dari 80 % upaya-upaya perubahan menemui kegagalan terutama karena terhenti di tengah jalan. Meskipun telah berbekal dan dibekali dengan pemahaman yang cukup mengenai segala hal yang berhubungan dengan proses perubahan ataupun transformasi, kenyataan di lapangan dapat sangat membingungkan, membuat canggung ataupun dilematis. Sebenarnya itu bukan berita buruk, melainkan hanya sebuah proses biasa dalam menguji pemahaman yang telah dimiliki untuk menjadi lebih mendalam penghayatannya.

Harap diingat bahwa antara tahu atau paham dengan praktek nyata terdapat jurang besar yang disebut KETERAMPILAN. Dan keterampilan hanya dapat dikuasai dengan berkali-kali mencobanya. So, don’t quit so soon, buddy!


GODAAN TERBESAR
Godaan terbesar di dalam menjalankan suatu proses perubahan adalah pekerjaan rutin anda, yang akan dapat menciptakan dilema dan berujung pada terhentinya usaha-usaha perubahan. Perhatikanlah gambar ini yang terdapat dalam artikel "Menyiasati Hukum Alam".

Pada gambar tersebut Masa Kepompongisasi disebut sebagai Masa Transisi.
Pada Masa Transisi itu, proses perubahan dari kurva kehidupan yang pertama (ulat) ke kurva yang kedua (kupu-kupu) terdapat dua kesibukan yang berjalan simultan : pekerjaan rutin (garis merah) dan pekerjaan perubahan (garis hijau).

Godaan terberat kita adalah pekerjaan rutin yang sering dituntut oleh lingkungan dan pimpinan agar segera diselesaikan. Sementara disisi lain kita telah berkomitmen untuk membuat perubahan. Dua kesibukan di waktu yang bersamaan ini sering sangat dilematis.

NEXT TOPICS

  • Berpikir 'DAN' bukan 'ATAU'
  • Berpikir Induktif
  • Berpikir Ekstrapolatif
  • Mental KERE
  • Kompromi Bukanlah Win-Win
  • Gagal itu juga Sukses!
  • Tujuan Nan Takkan Pernah Gagal
  • QUIZ Sobat
  • Konsep WEIJI
  • Jangan Menghormati PERBEDAAN!

Very Inspiring Video

Recent Comments