Grand Scenario Proses Transformasi

Seri SOBAT - Semua Orang Bisa Hebat - Artikel #054



Mengingat kompleksnya proses transformasi, maka keterpaduan setiap komponen transformasi merupakan kunci utama keberhasilan program ini. Untuk itu harus dibuat sebuah skenario yang sistematik, komprehensif, saling terkait, namun tetap mudah dipahami. Skenario ini menjadi acuan dan panduan segala rencana dan kegiatan.

Secara terpadu skenario program transformasi suatu organisasi digambarkan dalam sebuah GRAND SCENARIO (lihat gambar dibawah) yang demi memudahkan dalam mengingatnya disebut dengan Formula 3 – 4 - 6 – 4. Disebut demikian karena skenario ini memuat 3 Aktivitas Utama, 4 prasyarat sukses, 6 Stepping Stone sebagai syarat melangkah, serta 4 Tahap perkembangan proses transformasi.

Masing-masing komponen tersebut saling terkait dan terpadu, menuju ke tujuan akhir.

Bergerak dan majunya proses transformasi diatas ditunjukkan dengan berputarnya roda aktivitas utama (Formulasi Strategik, Target Akhir dan Evaluasi) yang digelindingkan keatas oleh tim melalui tahap-tahap yang berurutan dan logis yakni tahap kebangkitan (awakening), lalu tahap aktif (active), kemudian tahap terobosan (breakthrough) dan akhirnya tahap menapak jalan (paving the way) tim yang hebat.

Setiap gerak roda aktivitas harus juga meniti pada pijakan (stepping stone) yang kuat sebelum beranjak lebih lanjut. Ada enam batu pijakan dalam proses transformasi yakni Raih Momentum (Gain Momentum), Rasa Kedaruratan (Sense of Urgency), Jelas Tujuan (Clear Vision), Koalisi Baik (Good Coalition), Bersih Hambatan (Clear Obstacle) serta Raih Kemenangan Kecil (Gain Small Wins). Dengan begitu maka roda aktivitas akan dapat berjalan dengan tegap, tegar dan mantap, tidak oleng dan mudah jatuh terhenti.

Namun semua langkah diatas tidak akan berhasil apabila prasyarat sukses yakni Sense of Urgency, Perubahan Paradigma, Penetapan Target tinggi serta Komitmen terhadap keberhasilan tidak dipenuhi dengan baik. Sebagai prasyarat ke empat hal tersebut tidak boleh ditawar. Anda tak perlu melangkah lebih jauh jika salah satu dari ke empat prasyarat itu tidak terpenuhi. Dan karena itulah diperlukan Strong Leadership dari para pimpinan dan penggerak perubahan.


Setiap tahap memiliki ciri-ciri dan taraf pencapaian tertentu disertai dengan target-target terukur pada setiap aktivitas yang dilakukan berlandaskan batu pijakannya. Oleh karenanya harus dibuat suatu keterkaitan yang padu diantara elemen-elemen tersebut. Sebagai contoh sarana untuk merajut keterkaitan diatas yaitu dengan membuat Tabel Target vs Tahap dan Tabel Stepping Stone vs Tahap yang dapat anda lihat pada lampiran buku "Semua Orang Bisa Hebat".

Keterkaitan yang konsisten diantara roda aktivitas utama, aktivitas-aktivitas, dan target-target dengan stepping stone dan tahap-tahap dalam Grand Scenario Proses Transformasi ini, memudahkan koordinasi kerja dan evaluasi secara menyeluruh perjalanan gerakan perubahan ke depan.

NEXT TOPICS

  • Berpikir 'DAN' bukan 'ATAU'
  • Berpikir Induktif
  • Berpikir Ekstrapolatif
  • Mental KERE
  • Kompromi Bukanlah Win-Win
  • Gagal itu juga Sukses!
  • Tujuan Nan Takkan Pernah Gagal
  • QUIZ Sobat
  • Konsep WEIJI
  • Jangan Menghormati PERBEDAAN!

Very Inspiring Video

Recent Comments