Proses Transformasi

Seri SOBAT - Semua Orang Bisa Hebat - Artikel #053



Mengingat perubahan yang ingin diraih bukanlah bersifat incremental (tidak siknifikan dampaknya), artificial (tampak luarnya saja) maupun superficial (hanya berlaku sementara, tidak berkelanjutan), melainkan perubahan yang bersifat transfomasional - yang total berbeda secara mendasar – maka mutlak harus dirancang sebuah proses perubahan yang sistematik, terpadu dan komprehensif, yang kita sebut Proses Transformasi.

Proses transformasi dimaksud meliputi 5 unsur berikut ini:

  1. Sifat Perubahan : Mendasar, Strategik, Menyeluruh
  2. Bertahap : melalui tahap-tahap yang Logis, Sistematis serta Akseleratif
  3. Stepping Stone : Syarat melangkah lebih lanjut
  4. Target : Menantang dan Menjawab Ekspektasi Stakeholder
  5. Aktivitas : yang Nyata untuk mencapai target
Perubahan yang bersifat mendasar, strategik dan menyeluruh sebagaimana telah diuraikan pada artikel terdahulu (Lihat Perubahan Transformasional), menjadi motivasi utama dalam merancang proses transformasi. Penetapan dan pelaksanaan ke 4 unsur berikutnya selalu harus mengacu kepada sifat perubahan yang mendasar, strategik, dan menyeluruh ini.

Proses transformasi harus dirancang dan dilakukan secara bertahap mengingat akan ada banyak aspek yang akan digarap secara simultan serta memerlukan pengkondisian tertentu dalam perjalanan proses transformasi agar tetap konsisten dan berkesinambungan.Tahap-tahap ini hendaknya dibuat secara sistematis dan logis serta dapat memicu tahap berikutnya secara akseleratif.

Adapun stepping stone atau batu pijakan diperlukan dalam proses transformasi agar setiap langkah dapat dilakukan dengan mantap karena memperoleh pijakan yang kuat. Oleh karenanya stepping stone menjadi syarat setiap akan memulai tahap atau aktivitas-aktivitas tertentu.

Agar terjadi perubahan yang signifikan maka target-target pada setiap tahap yang menjadi sasaran antara menuju hasil akhir hendaknya dibuat menantang, artinya tidak sekadar naik dengan kemiringan yang landai melainkan curam.

Unsur kelima yang tak kalah pentingnya yaitu aktivitas-aktivitas nyata yang direncanakan dengan cermat agar target-target yang telah ditetapkan dapat terwujud. Juga agar stepping stone yang dipersyaratkan di langkah berikutnya dapat tercapai. Dan perlu diingat bahwa setiap aktivitas hendaknya selaras dengan yang lain agar tidak terjadi saling bertabrakan yang bersifat kontra-produktif.



AKTIVITAS UTAMA
Banyaknya aktivitas yang akan timbul dalam proses transformasi menuntut adanya acuan berupa aktivitas utama sebagai induk segala aktvitas di dalam tahap-tahap proses transformasi.

Hal pertama yang harus dilakukan sebuah proses transformasi adalah menetukan aktivitas-aktivitas utama ini.

Ketiga aktivitas utama tersebut yakni :
  1. Formulasi Strategik
  2. Penetapan Ukuran Hasil Akhir
  3. Evaluasi,
Ketiga hal diatas harus dilakukan dalam tahapan-tahapan yang logis melalui aktivitas-aktivitas derivatifnya untuk mencapai target akhir berdasarkan pencapaian stepping stone sebagai pijakan langkah berikutnya.

Formulasi Strategik adalah rumusan-rumusan besar tentang Visi, Misi, Nilai-Nilai Dasar, Kebijakan dan Strategi Utama. Hasil Akhir adalah ukuran-ukuran utama yang akan dicapai bila visi tercapai. Sedangkan Evaluasi adalah metoda dan langkah-langkah penguluran dan analisis kesenjangan yang terjadi antara target-target antara dengan hasil akhir.

Ketiga aktivitas utama diatas bersifat dinamis, artinya harus selalu disesuaikan dengan perkembangan terutama mengacu kepada pencapaian yang telah ditunjukkan oleh organisasi atau kelompok lain yang diakui menjadi yang terbaik. Oleh karena itu harus selalu melihat dan melakukan benchmarking dengan yang terbaik, yaitu mempelajari dan meniru peraktek-praktek hebat yang telah dilakukan orang lain (best practices).

Ketiga Aktivitas Utama diatas akan kita bahas secara khusus dalam formulasi yang disebut sebagai The Winning Formula.

NEXT TOPICS

  • Berpikir 'DAN' bukan 'ATAU'
  • Berpikir Induktif
  • Berpikir Ekstrapolatif
  • Mental KERE
  • Kompromi Bukanlah Win-Win
  • Gagal itu juga Sukses!
  • Tujuan Nan Takkan Pernah Gagal
  • QUIZ Sobat
  • Konsep WEIJI
  • Jangan Menghormati PERBEDAAN!

Very Inspiring Video

Recent Comments