4 Prasyarat Sukses - Lanjutan

Seri SOBAT - Semua Orang Bisa Hebat - Artikel #059



Pergeseran Paradigma
Pergeseran Paradigma, adalah prasyarat yang tidak boleh diabaikan. Untuk mampu melihat perspektif lain, lalu memunculkan ide-ide baru untuk melakukan terobosan, serta melakukan penataan sistem maupun prosedur yang diperlukan dalam proses transformasi, orang harus menggeser paradigma yang dianutnya selama ini.

Dan untuk mampu menggeser paradigma, diperlukan sikap keterbukaan terhadap pengaruh dari luar dirinya, bukan menutup diri karena takut terpengaruh. Kita harus mau dipengaruhi dan belajar menerima sesuatu tanpa membentengi diri dengan kecurigaan yang berlebihan atau tanpa alasan.

Disamping itu, menggeser paradigma juga berarti mau mempelajari hal-hal baru serta tidak bersikap dogmatis (meyakini tanpa syarat dan tidak akan bergeser sedikitpun) terhadap suatu pemahaman. Sikap dogmatis akan membelenggu pola pikir seseorang sehingga akan membawanya kepada keumpuhan paradigma.

Cara lain untuk menggeser paradigma juga dapat ditempuh dengan mengurangi rutinisme secara drastis, tidak mempertahankan status quo serta berani mencoba cara baru.

Anda bisa berlatih menggeser aradigma anda dengan mengikuti Uji Paradigma di situs ini Paradigma Baru.


Standar Kinerja Tinggi
Standar Kinerja Tinggi, adalah prasyarat ke empat yang menentukan keberhasilan proses transformasi. Ingat bahwa hasil akhir proses transformasi adalah perbedaan yang totalitas dibandingkan dengan kondisi sebelumnya, dan hal itu hanya dapat dimungkinkan dengan cara menetapkan standar-standar pencapaian yang tinggi pada semua aspek.

Standar pencapaian yang tinggi akan memaksa kita mencari cara-cara baru yang belum pernah digunakan. Juga akan memaksa kita meninggalkan pola-pola hidup dan cara berpikir (paradigma) kita yang lama. Ini berarti penetapan standar kinerja yang tinggi tidak perlu mensyaratkan kondisi sebelumnya, toh itu yang harus ditinggalkan. Silakan baca lagi: "jangan Belajar Dari Pengalaman" karena sebenarnya Pengalaman adalah Musuh dari hebat.

Anda tidak perlu terpaku pada sumber daya atau modal yang ada ditangan, untuk menetapkan target yang tinggi. Yang diperlukan hanyalah nyali yang hebat sebagaimana diuraikan dalam Nyali Bintang.

Bila anda masih menyangsikannya, mari kita simak contoh berikut ini, dan ingatlah bahwa semangat SOBAT adalah menegaskan bahwa Tuhan itu Adil. Seorang anak tukang becak tentu tidak diharamkan memiliki bahkan mencanangkan niatnya untuk menjadi presiden negara ini. Mustahilkah itu? Jawabanya “TIDAK..!!” Sebab bila tidak demikian, tentu Tuhan tidak adil, karena tidak memberikan kesempatan yang sama bagi umatnya.

Persoalannya hanya terletak pada bagaimana ia akan mencapainya. Bila ia mengikuti pola pikir, cara hidup, cara belajar dan sebagainya sebagaimana ayahnya atau lingkungan disekitarnya, maka ia akan menjadi tukang becak juga atau lebih baik sedikit dari itu seperti menjadi bos tukang becak, sopir bis, atau sejenisnya.

Namun bila ia mampu melepaskan diri dari cara hidup yang biasa dianut keluarga dan lingkungannya dan kemudian menemukan cara berpikir dan cara hidup yang berbeda sekali yang kemudian mampu mengembangkan dirinya dan masuk ke jalur yang memungkinkannya berkembang lebih jauh lagi, hal itu menjadi tidak mustahil.

NEXT TOPICS

  • Berpikir 'DAN' bukan 'ATAU'
  • Berpikir Induktif
  • Berpikir Ekstrapolatif
  • Mental KERE
  • Kompromi Bukanlah Win-Win
  • Gagal itu juga Sukses!
  • Tujuan Nan Takkan Pernah Gagal
  • QUIZ Sobat
  • Konsep WEIJI
  • Jangan Menghormati PERBEDAAN!

Very Inspiring Video

Recent Comments