Stepping Stone - Lanjutan

Seri SOBAT - Semua Orang Bisa Hebat - Artikel #057



Jelas Tujuan
Sebagaimana telah dibahas pada artikel Sense of Purpose atau Sadar Tujuan, kejelasan atas arah dan tujuan transformasi menjadi hal yang kritis untk berhasilnya proses transformasi. Lihat pada Categories Pilar disini.

Betapapun baiknya momentum yang dimiliki serta kesadaran akan keadaan darurat yang sedang dihadapi, akan muncul keragu-raguan ataupun keengganan apabila orang tidak atau belum memperoleh kejelasan tentang arah maupun tujuan perubahan, sementara mereka telah tahu akan sangat merepotkan mereka. Orang akan cenderung memilih untuk menunggu alternatif lain (sambil berdoa) bila harus ikut terlibat mencari jalan keluar dari krisis.

Koalisi Yang Baik
Hal yang tidak kalah pentingnya adalah membangun koalisi dengan berbagai pihak sebanyak mungkin. Semakin banyak yang bergabung dengan gerakan ini semakin besar gema dan daya dorongnya, sebaliknya semakin berkurang hambatan yang berupa resistensi atau penolakan.

Dalam tim yang kecil tentu tidak diperlukan membangun koalisi dengan berbagai pihak selain menggalang seluruh anggota untuk ikut berpartisipasi, namun organisasi yang besar, penggalangan kekuatan dengan berbagai unsur penting yang mewakili bermacam kepentingan sangatlah besar pengaruhnya terhadap keberhasilan proses transformasi.

Paran tokoh formal maupun orang-orang yang berpengaruh hendaknya dijadikan target utama dalam membentuk koalisi. Mereka dapat menjadi corong dan pendorong bagi kelompoknya. Disamping itu juga unsur-unsur yang memiliki dan menguasai akses informasi. Mereka sangat bermanfaat jika bergabung dalam koalisi transformasi karena dengan kekuatan informasinya mereka akan menjadi agen perubahan yang efektif.

Bersih Hambatan
Batu pijakan yang kelima adalah tiadanya hambatan dalam proses transformasi. Yang dimaksud dengan hambatan disini adalah sistem dan prosedur yang menghambat gerak dari proses transformasi. Biasanya sistem dan prosedur tersebut bersifat rumit, kaku, lambat serta tidak responsif.

Sistem dan prosedur seperti ini akan segera mematikan semangat dan motivasi untuk terus melakukan perubahan atau terobosan-terobosan karena terkendala oleh hal-hal yang bertolak belakang dengan sifat perubahan itu sendiri. Orang akan merasa ditipu karena tidak adanya konsistensi antara niat untuk merubah dengan sarana-sarana tersebut.

Penghilangan hambatan dilakukan dengan penataan kembali sistem dan prosedur atau jamak disebut dengan re-engineering atau bahkan menggantikan sama sekali dengan yang baru agar menjadi lebih sederhana, cepat, fleksibel, dan responsif terhadap dinamika perubahan dan terobosan yang diperlukan. Dengan begitu, ide-ide terobosan mendapatkan saluran yang memungkinkan terjadinya perubahan.

Raih Kemenangan-Kemenangan Kecil
Perlu diingat bahwa buah proses transformasi adalah perubahan yang besar, radikal dan menyeluruh. Dan itu mustahil didapat seketika. Sering bahkan memerlukan waktu yang relatif lama pada tugas-tugas perencanaan dan pekerjaan-pekerjaan persiapan lainnya, yang hasilnya tidak kasat mata.

Godaan terbesar yang dapat mematikan proses transformasi adalah ketidak-sabaran melihat hasil nyata. Orang segera mengira bahwa perubahan tidak (pernah) terjadi, tidak membawa hasil.

Oleh karena itu perlu disusun dengan taktis hasil-hasil nyata, betapapun itu kecil, yang direncanakan untuk diraih dari waktu ke waktu. Disebut dengan taktis, karena tidak sembarang hasil boleh dimasukkan dalam susunan itu, melainkan hasil-hasil yang mengarah dan memacu pencapaian berikutnya, terakumulasi menuju terjadinya transformasi yang diharapkan.

Setiap kali berhasil mencapai sebuah hasil kecil hendaknya dirayakan sebagai keberhasilan melangkah setindak demi setindak, menghargai jerih payah sendiri. Ini akan menjaga dan mendorong semangat untuk terus melangkah. Perubahan memang harus selalu diisi dengan bahan bakar semangat dan motivasi, yang cepat menjadi boros bila tidak dilumuri dengan perayaan keberhasilan sebagai penggugah semangat.

NEXT TOPICS

  • Berpikir 'DAN' bukan 'ATAU'
  • Berpikir Induktif
  • Berpikir Ekstrapolatif
  • Mental KERE
  • Kompromi Bukanlah Win-Win
  • Gagal itu juga Sukses!
  • Tujuan Nan Takkan Pernah Gagal
  • QUIZ Sobat
  • Konsep WEIJI
  • Jangan Menghormati PERBEDAAN!

Very Inspiring Video

Recent Comments