Mengukur Kontribusi AKU

Seri SOBAT - Semua Orang Bisa Hebat - Artikel #049



AKU sebagai isu sentral di dalam team akan menjadi penentu sukses tidaknya sebuah team. Tidak ada pihak atau hal lain yang patut dipersalahkan bila team tidak mampu menghasilkan kinerja yang hebat, selain Aku. Oleh karenanya, sejauh mana si Aku sebagai anggota team telah memberikan kontribusi kepada efektivitas team haruslah selalu dikaji dan dikur untuk kemudian ditingkatkan.

Terdapat tiga kelompok perilaku Aku sebagai Team Player (anggota team) yang dapat diamati, diukur dan diperbaiki yakni:

1. Personal
Kelompok perilaku ini berkaitan dengan komitment anggota team untuk bertindak atau berperan sebagaimana tuntutan team agar team menjadi efektif. Beberapa perilaku di dalam katagori ini antara lain:

 Menjaga pengetahuan dan keterampilan tetap up-to-date
 Tetap mengikuti segala kejadian di dalam team
 Menunjukkan keinginan untuk ‘give and take’
 Berbagi perasaan secara terbuka
 Menunjukkan keinginan untuk maju
 Melibatkan diri dalam mengambil resiko yang diperhitungkan
 Menunjukkan kesadaran pengaruh dirinya pada team
 Menjaga komitmen pada saat yang tepat
 Memberikan pendapat secara leluasa dalam perencanaan team

2. Interpersonal
Kelompok perilaku ini berkaitan dengan seberapa efektif anggota team bersikap terhadap anggota yang lain. Beberapa perilaku di dalam katagori ini antara lain:

 Menunjukkan dukungan kepada anggota lain
 Memahami pendapat anggota lain yang tidak bersifat menghakimi
 Memberikan saran agar team lebih kompak
 Memberikan pengakuan selayaknya
 Menghadapi situasi tidak nyaman di dalam team
 Bertukar informasi yang relevan
 Berusaha mengenali anggota lain
 Menyediakan sikap kepemimpinan
 Menunjukkan sikap kooperatif

3. Tugas
Kelompok perilaku ini berkaitan dengan tindakan anggota team dalam pelaksanaan tugas atau mengejar produktivitas. Beberapa perilaku di dalam katagori ini antara lain:

 Mengerjakan tugas team secara efektif
 Memberikan saran agar tugas-tugas menjadi produktif
 Mengantisipasi tantangan team yang akan datang
 Berinisiatif melaksanakan tugas-tugas team
 Mencari informasi yang relevan mengenai tugas-tugas team
 Mencari masalah-masalah yang mungkin dapat diselesaikan oleh team
 Memonitor peluang-peluang perbaikan tugas yang relevan
 Bekerja dengan menjaga tujuan team tetap jelas
 Memfasilitasi terjadinya interaksi dalam mengerjakan tugas-tugas team

Semua item dari ketiga kelompok itu hendaknya diukur atau dikaji dengan menggunakan metoda 360 derajat atau metoda sejenisnya yang pada esensinya disamping yang bersangkutan menilai dirinya sendiri, anggota team yang lainnya juga memberikan penilaian mereka kepada yang bersangkutan.

Pada Lampiran 12 Buku Semua Orang Bisa Hebat - SOBAT disajikan contoh kuesioner Mengukur Kontribusi Anggota Team. Bila dimungkinkan urutan pernyataan hendaknya dibuat acak, tidak tersusun berdasarkan ketiga kelompok diatas dengan maksud agar pemberi masukan tidak melihat atau membentuk pola tertentu dalam penilaiannya, melainkan benar-benar perilaku nyata yang diamatinya.

Masukan dari anggota team yang lain hasilnya dihitung rata-ratanya dan dibandingkan dengan penilaian diri yang bersangkutan. Perbedaan yang terjadi menunjukkan bahwa penilaian diri sendiri ternyata berbeda dengan persepsi orang lain, dan menyadarkan yang bersangkutan untuk meningkatkan perannya apabila penilaian rata-rata anggota yang lain lebih rendah dari penilaian diri sendiri.

Disamping itu, yang bersangkutan juga dapat melihat pada item apa dari ketiga kelompok itu: Personal, Interpersonal, dan Tugas, yang menjadi kekuatan tertingginya dan mana pula yang terendah untuk dijadikan area perbaikan kontribusi dirinya kepada team.

Area perbaikan kontribusi diri kepada team dapat dipetakan dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini:

1. Dalam area PERSONAL, apa yang menjadi kekuatan anda?
2. Dalam area INTERPERSONAL, apa yang menjadi kekuatan anda?
3. Dalam area TUGAS, apa yang menjadi kekuatan anda?
4. Dalam area PERSONAL, apa yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan?
5. Dalam area INTERPERSONAL, apa yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan?
6. Dalam area TUGAS, apa yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan?
7. Tulislah 2-3 cara yang dapat anda kembangkan yang paling memberikan manfaat bagi anda dan juga team?
8. Bantuan apa yang anda perlukan dari team dalam upaya perbaikan diatas?
9. Apa harapan anda? Apa yang akan anda lakukan, kapan, dimana, mengapa, dan seberapa jauh?
10. Bagaimana anda akan memberi penghargaan bagi diri anda atas kemajuan yang anda peroleh dalam menjadi Team Player yang sejati?

Dari sini, buatlah rencana aksi dan informasikan kepada anggota lain agar mereka memahami dan membantu anda.

NEXT TOPICS

  • Berpikir 'DAN' bukan 'ATAU'
  • Berpikir Induktif
  • Berpikir Ekstrapolatif
  • Mental KERE
  • Kompromi Bukanlah Win-Win
  • Gagal itu juga Sukses!
  • Tujuan Nan Takkan Pernah Gagal
  • QUIZ Sobat
  • Konsep WEIJI
  • Jangan Menghormati PERBEDAAN!

Very Inspiring Video

Recent Comments