Area terbuka

Seri SOBAT - Semua Orang Bisa Hebat - Artikel #044



Team Berkinerja Tinggi tentu telah mengembangkan seluas mungkin Area Terbuka bagi setiap anggotanya, karena inilah Area Terbuka adalah arena yang paling efektif dan produktif untuk bekerjasama. Area Terbuka dapat dipandang sebagai ruang terjadinya komunikasi dan kerjasama yang baik, bebas dari kecurigaan, ketidak percayaan, kebingungan, kesalahpahaman dan konflik.

Team yang telah mapan dan solid memiliki Area Terbuka yang lebih besar daripada team yang baru terbentuk, karena team yang baru masih memiliki sedikit hal yang saling diketahui para anggotanya. Dalam team yang baru terbentuk, belum banyak interaksi yang spontan dan bebas. Semakin matang sebuah kelompok semakin besar Area Terbuka, dan ini berarti orang semakin bebas dan lebih seperti dirinya dan melihat orang lain sebagaimana mereka adanya.

Ukuran Area Terbuka dapat diperluas ke kanan atau secara horizontal ke arah Area Buta dengan cara mencari tahu (bertanya) dan aktif mendengarkan umpan balik dari anggota team yang lain. Proses ini dikenal dengan istilah ‘feedback solicitation’ atau permintaan umpan balik. Anggota team yang lain dapat membantu memperbesar Area Terbuka rekannya dengan menawarkan feedback, meskipun harus secara sensitif.

Ukuran Area Terbuka juga dapat diperluas secara vertikal ke bawah ke Area Tersembunyi dengan cara yang bersangkutan mengungkapkan hal-hal yang belum diketahui oleh rekan-rekannya. Demikian pula sebaliknya, anggota team yang lain dapat membantu memperbesar Area Terbuka dengan bertanya kepada yang bersangkutan.


Fasilitator atau Team Leader memainkan peranan penting dalam memfasilitasi proses umpan balik dan pengungkapan diri diantara anggota team, dan dalam penyampaian umpan balik secara langsung kepada individu yang bersangkutan mengenai AreaTersembunyi-nya. Fasilitator atau Team Leader juga bertanggung jawab dalam mengembangkan budaya terbuka, jujur, konstruktif, komunikasi yang sensitif, serta berbagi pengetahuan diantara anggota team.

Team berkinerja hebat cenderung selalu memiliki budaya komunikasi positif yang terbuka, sehingga mendorong berkembangnya Area Terbuka secara positif yang menjadi aspek fundamental dalam bekerjasama.

NEXT TOPICS

  • Berpikir 'DAN' bukan 'ATAU'
  • Berpikir Induktif
  • Berpikir Ekstrapolatif
  • Mental KERE
  • Kompromi Bukanlah Win-Win
  • Gagal itu juga Sukses!
  • Tujuan Nan Takkan Pernah Gagal
  • QUIZ Sobat
  • Konsep WEIJI
  • Jangan Menghormati PERBEDAAN!

Very Inspiring Video

Recent Comments