Mental Nebeng.com

Tentu anda sudah sering melihat orang yang mencari tumpangan (nebeng) kendaraan di tepi jalan sambil mengacung-acungkan jempol, bukan? Sangat sering kita lihat di film-film barat/amerika. Mereka itu sering disebut dengan hitchhikers atau pencari tumpangan, karena mau hiking atau bertualang. Yang saya ingin bicarakan disini adalah mentalitas numpang gak bayar alias "Free Riders" atau tukang nebeng. Kalau di Indonesia biasanya nyegat rame-rame lalu memaksa naik - ini kelakuan para suporter bola, tak terkecuali para Bonek.

Apa yang ada di benak para penebeng itu?
Bagi mereka yang penting kendaraan yang ditumpangi sama arahnya dengan arah yang mereka tuju (bukan sama tujuannya, lho!). Kalau mereka hendak pergi ke suatu tempat, katakanlah kota A, yang terletak 20 km di sebelah utara misalnya, yang  mereka perlukan hanyalah asal ada kendaraan yang menuju ke utara, tak peduli entah ke kota c atau z. Yang penting ke utara!

Nah, kalau setelah numpang sejauh 4 atau 5 km dan tiba di sebuah perempatan jalan lalu kendaraan itu berbelokke kiri atau kekanan (tidak ke utara lagi), apa yang akan dilakukan oleh sang penebeng? Yoi, anda benar! Dia akan minta turun dan ngeloyor begitu saja tak peduli lagi dengan tujuan kendaraan tadi. Kalau ditanya kemana kendaraan tadi itu pergi? Jawabanya sederhana, "EGP, Emang Gue Pikirin?!". Yang penting sekarang mencari tumpangan baru.

Ia senang karena segera mendapat tumpangan baru yang menuju ke utara. Namun kesenangannya itu tidak lama, karena setalah berjalan sekitar 6 km mobil yang ditumpanginya mengalami kerusakan, entah apa, yang jelas mogok. Apa kira-kira yang dilakukan oleh sang penebeng? Yep, anda benar lagi!! Dia segera permisi dan ngeloyor pergi mencari tumpangan lain. Dia tak peduli dengan nasib kendaraan yang tadi ditumpanginya.......

Nah, pertanyaan yang perlu anda renungi jikaanda bekerja pada sebuah organisasi, instansi atau perusahaan: "Apakah anda mengetahui Visi dan Misi organisasi anda? Apakah anda memahami sepenuhnya tujuan, sasaran atau target-target besar organisasi anda, ataukah anda hanya menjalankan apa yang diperintahkan oleh atasan anda? Jika anda tidak mengetahui visi dan misi organisasi anda dan hanya menjalankan perkerjaan sekedarnya saja maka besar kemungkinan anda termasuk the 'nebeng.com'.

Tim yang hebat selalu memiliki anggota tim yang memahami sepenuhnya tujuan tim, sehingga mereka bisa berkontribusi maksimal memberikan ide dan gagasan-gagasan untuk meningkatkan kinerja agar segera mencapai tujuan secara maksimal. Mereka memahami apa yang disebut dengan "Sense of Purpose" alias Sadar Tujuan!

NEXT TOPICS

  • Berpikir 'DAN' bukan 'ATAU'
  • Berpikir Induktif
  • Berpikir Ekstrapolatif
  • Mental KERE
  • Kompromi Bukanlah Win-Win
  • Gagal itu juga Sukses!
  • Tujuan Nan Takkan Pernah Gagal
  • QUIZ Sobat
  • Konsep WEIJI
  • Jangan Menghormati PERBEDAAN!

Very Inspiring Video

Recent Comments